8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (2024)

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (1)

Mari simak informasi tentang tata cara jual rumah online dalam artikel Rumah123 ini.

Mencari pembeli rumah potensial memang bukan perkara mudah. Bahkan, tak jarang memakan waktu yang sangat lama mulai dari berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

Bisa demikian lama lantaran banyak hal yang dipertimbangkan oleh calon pembeli. Beberapa di antaranya harga, akses, lokasi, ukuran, desain serta fasilitas internal.

Untungnya, sekarang sudah banyak situs jual beli properti yang memudahkan jual rumah cepat. Nah, agar promosi dan transaksi berjalan lancar, lihat uraian berikut.

Cara Cepat Jual Rumah via Online

Gunakan Situs Properti Kredibel

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (2)

Pasang iklan di situs jual beli properti terpercaya seperti Rumah123.com bila ingin jual rumah cepat secara online. Situs ini dikunjungi oleh ratusan ribu user setiap harinya.

Selain ramai pengunjung, Anda juga harus mempertimbangkan hal berikut.

  • Situs properti dapat memfilter iklan terpasang (filter harga, lokasi, jumlah kamar dan lain-lain).
  • Situs properti menawarkan harga yang masuk akal (tak terlalu murah atau mahal).
  • Situs properti menampilkan kolom rincian perusahaan dan alamat lengkap.

Dengan begitu, lebih besar kesempatan bagi iklan yang terpasang untuk ditemukan oleh target pasarnya. Membidik market yang tepat lebih penting dari sekedar iklan dilihat banyak orang.

Riset Harga Pasar

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (3)

Saat hendak menjual rumah, pastikan harga yang dipatok sesuai harga pasaran. Boleh saja menjual rumah lebih murah atau lebih mahal.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sebelum Anda menetapkan harga properti tersebut, misalnya sebagai berikut.

  • Menentukan kisaran harga tanah berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) pada struk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Menentukan harga bangunan dengan mengakumulasi total biaya keseluruhan pembangunan rumah.
  • Menentukan harga jual berdasarkan NJOP dengan perbandingan harga objek, nilai perolehan baru dan NJOP pengganti.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Pasang Iklan Sekarang","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/pemilik-properti\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=homeowner&utm_term=owner","custom_desc":"Temukan pembeli dengan cepat dari seluruh Indonesia","custom_cta":"Pelajari Lebih Lanjut","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Riset harga pasar ini sangat penting dilakukan sebelum menggunakan situs jual rumah cepat laku. Dengan begitu, Anda bisa mematok harga wajar, tak terlalu tinggi maupun rendah.

Cara riset bisa dilakukan dengan turun langsung ke lapangan, atau membandingkan harga rumah dengan lokasi dan spesifikasi yang sama di situs jual beli satu dan lainnya.

Ingin cara yang lebih mudah? Gunakan fitur cek harga properti dari Rumah123 untuk mengetahui kisaran harga properti berdasaran kategori yang diinginkan.

Menggunakan Agen Properti Tepercaya

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (4)

Sama seperti offline, proses jual beli rumah online juga membutuhkan usaha dan waktu. Jika tidak punya waktu, mintalah bantuan agen profesional.

Biasanya situs jual beli properti bukan hanya menyediakan space iklan. Selain itu, ada yang menawarkan jasa jual rumah cepat oleh agen properti.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Daftar Jadi Agen","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/agen-registrasi\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=agenregistrasi&utm_term=agen","custom_desc":"Kembangkan karir dan raih peluang jadi agen properti sukses","custom_cta":"Saya Tertarik","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2020\/11\/09103740\/agen-banner-panduan.jpg, https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2020\/11\/09103740\/agen-banner-panduan.jpg","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Jasa ini tentunya bisa dimanfaatkan, tetapi jangan lupa untuk membayar komisi agen properti tersebut setelah transaksi berakhir, ya.

Ada banyak agen properti terpercaya dan profesional yang bisa ditemukan di situs properti Rumah123. Anda dapat memilih agen spesialis jual rumah, ruko, sampai apartemen.

Perhatikan Waktu Jual dan Beli Rumah yang Tepat

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (5)

Menerapkan cara jual rumah cepat lewat online juga harus memperhatikan waktu yang tepat. Dengan begitu, peluang properti terjual dengan cepat lebih besar lagi.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk menjual atau membeli rumah? Yakni saat suku bunga Bank Indonesia (BI) mengalami penurunan, nah hal ini tentu saja mempengaruhi permintaan kredit.

Pada momen tersebut, harga dan cicilan rumah menjadi cukup murah. Oleh karena itu, coco*k jika dimanfaatkan untuk membeli hunian.

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Rumah

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (6)

Cara menjual rumah dengan cepat online selanjutnya, ialah dengan memperhatikan kelebihan serta kekurangan rumah.

Jadi, saat menggunakan tempat jual rumah cepat online seperti Rumah123, pastikan Anda memasukkan berbagai poin keunggulan rumah dijual tersebut.

Kita boleh saja secara eksplisit menyebutkan kekurangannya agar lebih fair bagi calon pembeli. Yang tak boleh ialah memberikan informasi keliru pada iklan.

Ingat, kredibilitas penjual merupakan hal penting yang harus dijaga dalam cara jual beli rumah online. Berlaku jujur adalah syarat wajib yang harus dipatuhi setiap penjual.

Bagaimana jika ingin membeli rumah? Perhatikan informasi yang tersedia di dalam listing. Bila ada poin-poin yang dirasa kurang meyakinkan, jangan ragu bertanya pada pengiklan.

Setelah membahas cara jual rumah cepat laku online, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan agar listing terjual dalam waktu singkat.

Tips Menjual Rumah secara Online

Pasang Foto dan Deskripsi Rumah Sebaik Mungkin

Tips pertama untuk melengkapi tata cara cepat jual rumah online adalah mengunggah foto rumah terbaik. Tampilkan foto yang mampu memperlihatkan kondisi rumah secara gamblang.

Anda bisa mengunggah berbagai angle dari setiap ruangan seperti halaman depan, ruang tamu, kamar, kamar mandi, dapur dan garasi. Biar makin menarik, lakukan kiat-kiat ini.

  • Bersihkan dan tata ruangan sebaik mungkin agar terlihat lebih menarik saat diabadikan.
  • Memakai kamera berkualitas dan beresolusi tinggi agar foto rumah tak goyang, gelap dan buram.
  • Perhatikan pencahayaan ruangan dengan cara memakai lampu tambahan.
  • Perhatikan komposisi foto dengan sudut yang berbeda-beda.

Selain itu, berikan deskripsi singkat mengenai fasilitas publik di sekitar rumah. Bila perlu, jabarkan kembali fitur-fitur yang ada di dalam hunian secara spesifik.

Benahi Tampilan Rumah

Melakukan renovasi sebenarnya cukup penting dan sah-sah saja dilakukan. Pasalnya, dapat meningkatkan harga jual dari properti yang sedang dipasarkan.

Tak perlu besar-besaran, justru lebih baik menghindari renovasi yang menguras dompet. Lakukan secukupnya dengan memperbaiki detail kecil tetapi penting.

Misalnya untuk eksterior perhatikan cat dinding rumah, area taman, sampai pagar. Sedangkan untuk interior, perbaiki segala kerusakan pada dapur, kamar mandi, atau area penting lainnya.

Perhatikan juga faktor pendukung seperti kabel listrik dan pipa air. Jika terdapat kendala, maka segera perbaiki sebelum menjual rumah tersebut.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Pasang Iklan Sekarang","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/pemilik-properti\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=homeowner&utm_term=owner","custom_desc":"Temukan pembeli dengan cepat dari seluruh Indonesia","custom_cta":"Pelajari Lebih Lanjut","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Jual dengan Harga Realistis

Jika sudah riset harga melalui website jual rumah cepat, maka pastikan untuk mematok harga yang realistis dan sesuai harga pasar. Dengan begitu, calon pembeli tak akan kabur.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan beberapa acuan seperti harga rumah sekitar, NJOP dan PBB.

Demikian informasi tentang cara memasarkan rumah lewat online agar laku lebih cepat. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat!

Baca juga:

Susunan Isi Surat Perjanjian Jual Beli Rumah yang Benar

Kunjungi forum Teras123, ruang untuk mengobrol tentang properti dan desain.

8 Cara Jual Beli Rumah Online secara Mudah, Cepat dan Aman (2024)

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Laurine Ryan

Last Updated:

Views: 6240

Rating: 4.7 / 5 (57 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Laurine Ryan

Birthday: 1994-12-23

Address: Suite 751 871 Lissette Throughway, West Kittie, NH 41603

Phone: +2366831109631

Job: Sales Producer

Hobby: Creative writing, Motor sports, Do it yourself, Skateboarding, Coffee roasting, Calligraphy, Stand-up comedy

Introduction: My name is Laurine Ryan, I am a adorable, fair, graceful, spotless, gorgeous, homely, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.